Kebaikan Tak Pernah Samar

Pada saat yang benar menjadi samar, dan yang salah menjadi wajar, kita kadang kembali bertanya dimana garis batas kebaikan dan keburukan.

Jika argumentasi relativisme kembali berdengung, semua menjadi kabur, yang awam menjadi bingung, seolah semua bisa di justifikasi, asal ada alasan kuat.

Sayangnya, alasan kuat dibenarkan dengan banyaknya pihak luar yang meng-iya-kan, walau pihak dalam, hati, memberontak penuh kekesalan. 

Padahal Rasulullah sudah menjelaskan, bagaimana cara kita mengidentifikasi kebaikan, juga keburukan.

Dari an-Nawas bin Saman radhiyallahu anhu dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam, beliau bersabda, Segala kebaikan adalah akhlak luhur, sedangkan dosa adalah segala yang meragukan dirimu dan kamu tidak suka jika orang lain mengetahuinya. (HR. Muslim) 

Serta dari Wabishah bin Mabad radhiyallahu anhu, ia berkata, Aku telah datang kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, lalu beliau bersabda, Apakah engkau datang untuk bertanya tentang kebajikan dan dosa? Aku menjawab, Benar. Beliau bersabda, Mintalah pendapat hatimu. Kebaikan adalah segala yang menenteramkan jiwa dan menenangkan hati, sedangkan dosa adalah segala yang meragukan jiwa dan meresahkan hati, meskipun orang-orang memberikan fatwa yang lain kepadamu . (HR. Imam Ahmad bin Hambal dan ad-Darimi; hadits hasan)

Islam tak pernah samar, selalu memberi kejelasan. Bahwa apa saja yang meresahkan hati dan meragukan jiwa, biarpun manusia mewajarkan, adalah dosa. Sebaliknya, segala yang menentramkan jiwa dan menenangkan hati, maka dekatilah, karena disitu letak kebaikan.

Di kala manusia membuat standar nya sendiri, disitulah kita harus kembali, tanya kepada hati, untuk mengetahui kebenaran yang hakiki.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s